Sedikit tips untuk temani anda nikmati kesehatan anda hari ini …

Kaitannya dengan data yang rahasia, atau data yang tidak harus orang lain untuk mengetahuinya, atau mungkin sekedar untuk kepentingan print out pada data sheet anda.  Hide atau menyembunyikan kolom dan baris adalah pilihan tepat untuk solusi nya, betul tidak ?

Jika ya, saya sefaham dengan anda namun jika pada data sheet anda begitu banyak kolom atau baris yang harus disembunyikan (hide) maka anda akan kesulitan dan disibukkan karena acap kali anda harus blok kolom atau baris dan klik kanan dan pilih hide atau unhide … tul ga ?

Pernahkah anda lihat file dengan button + “plus” atau – “minus” seperti gambar dibawah.

Pada excel, ada fungsi yang dengan mudah anda hide dan unhide dengan hanya menekan tombol plus atau minus yang terletak pada header kolom atau header row dengan satu langkah …

Namanya fungsi “Group”.

Coba deh … !

  1. Blok area pada kolom atau row yang akan anda sembunyikan
  2. Klik data pada menu bar
  3. Pilih Group and Outline
  4. Klik Group

Jika langkah – langkah tersebut sudah dilakukan, anda akan mendapatkan simbol yang seperti pada gambar pertama diatas yang fungsinya untuk hidden / unhidden cells dengan cepat.

Semoga membantu

(dari millis  [IA-14179] [nanya] excel , 9 Dec 2010)

Note: thanks Novan …🙂