Hari ini, kita akan mencoba belajar Macro yang paliiiiiing Dasar. Yaitu menggunakan fasilitas “Record Macro”.
Sebelumnya, tentu kita harus memiliki project dan project kita kali ini adalah:
Katakanlah, kita memiliki data penjualan harian dalam Excel. Dan setiap hari, akan ada 1 file excel. Maka bisa dibayangkan ada berapa file excel dalam 1 tahun..?
Data penjualan ditiap file excelnya adalah sebagai berikut (ini cuma contoh, so kita sederhanakan saja ya..):
Dan Boss kita meminta supaya tiap-tiap file di atur formatnya agar rapi seperti berikut:
Seandainya ada ratusan file yang harus kita atur formatnya seperti diatas, alangkah membosankannya hidup kita.. Nah, disinilah record macro akan menjadi penyelamat kita dari kebosanan.
Sudah siap untuk belajar..? Ah..! Belum siap kalo belum dibuka MS EXCEL nya..
Ok.. Mari kita mulai..
Untuk contoh, saya sudah siapkan 5 file excel data penjualan seperti pada gambar sebelumnya. Untuk mempermudah, maka datanya saya buat sama dan cuma tanggalnya saja yang berbeda. Yaitu tanggal 6 – 11 July 2010.
Dan sebagai persiapan dan untuk mempermudah kita akan memunculkan toolbar “visual basic” agar mudah dijangkau. Normalnya, untuk mengoperasikan “record macro” kita harus membuka menu seperti gambar dibawah:
Namun, untuk mempermudah, kita akan keluarkan floating toolbar visual basic. Caranya, pilih: Menu –> View –> Toolbar –> check: visual basic.
Hasilnya, akan muncul floating toolbar visual basic seperti ini:
Sip.. Persiapan sudah selesai, mari kita mulai langkah-langkah belajar macro.
1. Buka salah satu file untuk kita jadikan template.
2. Klik tombol record Macro pada toolbar yang tadi kita munculkan. Dan akan muncul dialog window seperti ini:
Macro kita nantinya akan disimpan dengan nama “Macro1”. Kemudian klik OK.. Setelah kita mengklik OK, maka kita dalam status merekam. Jadi, semua aktifitas kita di excel akan terekam. Jadi, jangan melakukan apa-apa selain langkah sesuai tujuan kita.
3. Selanjutnya, lakukan format file excel sesuai pada gambar dibawah:
4. Jika format sudah sesuai keinginan, maka stop macro recording dengan mengklik tombol stop.
Dengan kita men-stop macro recording, otomatis excel akan menyimpan macro dengan nama Macro1. Kalo gak percaya, yok kita cek. Pilih menu: Tools –> Macro –> Macros.
Akan muncul window berikut:
Nah, ada Macro1 didalam list. Artinya, macro kita tadi sudah ter-save dan bisa digunakan setiap saat.
5. Selanjutnya, kita bisa jadikan macro yang sudah kita buat tadi untuk mengatur format di file-file excel yang lainnya.
Caranya, file excel yang kita jadikan template tadi, jangan ditutup dulu. Biarkan masih terbuka. Lalu kita buka file yang lainnya yang masih belum terformat. Dalam kondisi file yang belum terformat aktif, pilih menu: Tools –> Macro –> Macros dan akan muncul window seperti pada gambar:
Pilih Macro1 (Macro yang tadi telah kita buat), dan klik RUN.
6. Taraaaaaa.. Seandainya kita mengikuti langkah-demi langkah seperti contoh, maka kita akan mendapatkan tampilan seperti ini:
Persis mirip dengan file excel yang kita jadikan template..!
Ok.. Itu dulu untuk hari ini.. Jika ada problem, silahkan comment disini.. OK… C U (maksudnya see you..) 🙂
putri shandra eka pratiwi
Jun 27, 2013 @ 09:57:33
Permisi,
saya bekerja di bag. Logistic. saya ingin belajar banyak tentang apa itu macro, dasar-dasar macro dan bagaimana cara menggunakan macro.. di karenakan sa’at ini banyak sekali yang mahir menggunakan macro
saya telah membeli buku pintar macro, tapi panduannya tidak begitu saya mengerti
tolong bantuannya sagar supaya saya bisa lancar menggunakan macro excel ..
Thnx
Rosyid
May 10, 2013 @ 01:45:28
lanjutkan . . . .
Fatimah
Dec 13, 2012 @ 02:52:50
Pak,.
http://www.klinikexcel.com/tutorials/items/10-macro-vba.html
tidak dapat saya akses,.
mohon bantuan nya,.
baniardho
Jan 04, 2013 @ 02:04:56
Sori Fatimah, klinik sedang kami repair …
Ibnu Yahya
Oct 18, 2012 @ 04:33:59
Mas Bro kalo kita pengen buat aplikasi pendaftaran atau penerimaan siswa baru menggunakkan macro bagaimana itu???
Kalo yang ini udah ane test, hasilnya OK!
Sukses buat Mas Bro…!!!
agung
Jul 23, 2012 @ 02:54:56
Lalu caranya gimana ini kalo tiap file berbeda tanggalnya ??
Otomatis record macro tadi kan hanya merecord tanggal yang dijadikan template //
terus tetep masih ubah manual lagi ya per file dengan tanggal yang berbeda //
baniardho
Oct 11, 2012 @ 18:51:02
Untuk detail jawaban kami akan respon di http://www.klinikexcel.com
mohon ditulis ulang Agung!
Thanks yooo
ayiebgnayie
Jul 12, 2012 @ 18:47:56
salam !
maaf klo maslah nya terlalu mudah bagi para master, saya newbie pake excel, skarang lagi penasaran bikin tabel perolehan medali yang biasa dipakai dalam kejuaraan multi event, seperti PON atau Sea Games..
awalnya sih lancar tapi pas mau sort data jadi bingung coz variablenya ada 3, truz ga tau cara bikin autosort urutan peringkatnya klo data-nya di update setiap saat..
mohon solusi sekaligus contoh rumus ato apa-an lah yang bisa dipakae buat nyelesain soal ini… dah mentok nih !
thank !
baniardho
Oct 11, 2012 @ 18:48:04
nice question,
kirim saja file ke webadmin.it@klinikexcel.com
tempat baru kami di http://www.klinikexcel.com
jika tidak keberetan mohon tulis ulang pertanyaan di sana!
Annisa Amanina
Jun 01, 2012 @ 03:51:06
mas , kalau untuk macro excel di 2007 gimana yaa ?
baniardho
Oct 11, 2012 @ 18:42:52
Maksudnya dari bahasa program dan tampilan maksudnya?
Tidak ada yang berbeda …
kunjungi tempat baru kami di http://www.klinikexcel.com
mangun
Mar 10, 2012 @ 17:47:07
pak ….gimana yah caranya,,sheet yang kita bikin bisa otomatis sama dengan tanggal pada hari itu,,misal tanggal 7 berarti sheet nya langsung menuju sheet 7….makasih buat pencerahan nya…..
Ardian
Mar 09, 2012 @ 07:57:45
terima kasih untuk share ilmunya, saya mau tanya.. bagaimana macro jika ingin mengcopi dari cell A1 ke banyak baris (misal : paste ke b1:b20)…thx
HEn DRa
Nov 10, 2011 @ 06:43:02
bagaimana caranya membuat folder supaya tidak bisa dihapus oleh orang yg tidak bertanggungjawab
baniardho
Feb 07, 2012 @ 11:27:37
Mas Hen DRa,
maaf banget … post ulang ya pertanyaannya di http://www.klinikexcel.com
Salam
Admin
atief
Oct 18, 2011 @ 23:00:41
saya sangat tertarik dengan macro dalam excel…tp sy ga tau harus belajar dari mana dlu….kasih contoh yah,,,,,thanks
baniardho
Feb 07, 2012 @ 11:24:32
http://www.klinikexcel.com/tutorials/items/10-macro-vba.html
Kunjungi kami ya Atief
Salam
@rdo
reren
Sep 05, 2012 @ 03:35:23
gimana cara menjalankan macronya bos, kelebihannya apa?
baniardho
Oct 11, 2012 @ 18:31:19
menjalankan akan dipandu di buku ini.
kelebihannya anda menghemat waktu untuk belajar makro, karena buku ini pandu anda step by step untuk jago makro excel.
ngarasan
Aug 19, 2011 @ 03:06:45
Halo semua, blog ini telah kami pindah kan ke : http://www.klinikexcel.com
Jika ada pertanyaan, silahkan langsung saja klik link-nya.. Ditunggu..
abdillah
Jul 03, 2011 @ 02:42:15
mas bisa beri aku caranya membuat table vertikal menjadi horizontal dalam excell…
Riksa
May 31, 2011 @ 03:21:45
Kalo contoh untuk di microsoft excel 2007 bagaimana???
Rio Azwad
May 23, 2011 @ 04:23:28
Terima kasih.. sangat bermanfaat
alia
May 02, 2011 @ 04:41:10
Salam Kenal…
saat ini saya sedang tertarik belajar macro Excel VBA & memiliki studi kasus yang hampir sama dengan apa yang Anda tuliskan.
Saya ingin bertanya & menanggapi dari tulisan mas Akhsan tentang “Belajar Macro Dasar : Cara menggunakan Record Macro”.
Dalam tulis ini dituliskan bahwa Anda membuat 5 file berdasarkan tanggal penjualan (case study). Apakah memang mesti dibuat demikian? Karena jika datanya sedikit (seperti dalam contoh) hal tersebut tidak masalah, tapi jika datanya ratusan, apakah pengkalsifikasian tersebut efektif? Mohon bantuan & sharingnya.
Terima Kasih ^_^
Mulyadi
Jan 03, 2011 @ 11:27:18